The Last Airbender - Aang

acmilan

Sabtu, 27 Februari 2010

Sejarah Interaksi Manusia Dengan Komputer

   Memahami sejarah Interaksi manusia dengan Komputer yakni memahami mengenai pergeseran paradigma. Paradigma itu sendiri adalah suatu penilaian seseorang akan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi. Paradigma dapat menuturkan interaksi yang telah ada sebelumnya dan dianggap telah berhasil beserta prinsip interaksi yang seharusnya ada pada suatu desain sistem interaksi itu. Pergeseran paradigma HCI dimulai dengan bergantinya “card, tape dengan Video Display Unit” atau “mainframe berganti dengan PC”, banyak hal yang bergeser seiring dengan berjalannya waktu dan penemu banyak mengeluarkan resolusi terbaru tentang teknologi.


   Pemikiran mengenai komputer digital sudah terpikirkan pada tahun 1700-an dan 1800-an namun baru tersedia pada tahun 1940-1950-an. Tahun 1945, Vennevar Bush dalam Athlantic Monthly manyatakan, bahwa untuk membuat suatu publikasi untuk menjadi nyata yang perlu dilakukan hanyalah membuat catatan. Bush mengembangkan suatu alat atau suatu inovasi penyimpanan informasi dan pengambilan produk yang memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan penyimpanan data informasi dengan memori yang sudah cukup besar,yang dapat membuat jejak link melalui materi. Selanjutnya pada tahun 1960-an, J.K. Licklindermenyatakan tentang hubungan simbiosis antara manusia dan computer.


   Pada tahun 1960 komputer dirasakan terlalu mahal untuk sebagian kalangan dengan waktu berbagi yang terlalu lama, peningkatan aksesibilitas, sistem interaktif, pengolahan teks, mengedit e-mail, shared file system,maka dari itu membutuhkan HCI untuk dapat menjangkau itu semua. Ivan Sutherland yang merupakan master of desain di MIT, membuat suatu alat dengan light pen sebagi alat input-nya. Sekitar tahun 1964, seorang ilmuwan Douglas Engelbart juga menciptakan mouse, membuat layar dengan resolusi yang tinggi, berbagi file dan sistem CSCW.


   Pada tahun 1970-an, Alan Kay menciptakan suatu alat yang dinamakan Dynabook-Notebook dengan daya simpan tinggi dan merupakan komputer multimedia. Notebook ini sudah menggunakan Personal Computing, desktop interface, dan The FLEX software. Notebook ini merupakan suatu akses komputer secara pribadi. Penemuan ini merupakan suatu bentuk pergeseran paradigma yang baru setelah hal yang disebutkan di atas, notebook ini menggunaka sistem yang lebih kuat, kecil bentuknya dan dengan operating system IBM PC. Setelah itu mulailah tercipta pc Xerox dengan menggunakan prosessor lokal, layar bitmap, mouse dan GUI. Tahun 1981, tercipta satu pc komersial pertama yang diperuntukan untuk bisnis profesional yaitu Xerox Star, yang merupakan sistem pertama yang menggunakan kertas prototype, namun kekurangan dari star adalah arsitektur yang tertutup dan kurang berfungsinya keyboard.


   Dengan id yang berilian, Apple Lisa membuat suatu PC pada tahun 1982 yang mempunyai akses pribadi dan diperbarui dengan Apple Machintos pada tahun 1984 yang leih unggul dan tidak banyak trouble. Pada tahun 1982 Ben Shneiderman menggambarkan daya tarik berbasis interaksi grafis objek visibilitas, aksi incremental dan umpan balik yang cepat.


   Ted Nelson menciotakan suatu istilah hypertext yang berarti pemikiran tentang informasi bukan sebagai aliran linier tetapi sebagai node saling berhubungan. pada akhir tahun 1990 ornag tidak lagi menggunakan perangkat virtual tapi sebagai penghuni virtual tidak lagi mengabaikan aspek makro-sosial.

Rizal Darmawan (50407739)
3IA07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut gw

kursor